5 Cara Mudah Membedakan Kaca Tempered Asli dan Palsu

26/11/2021
4dmin

Diproduksi dengan prosedur pemanasan esktrim dan proses pendingan yang lambat, material kaca tempered mampu menghasilkan kekokohan yang luar biasa. Selain kualitasnya tidak mengecewakan, kaca ini juga dapat menawarkan kemanan tingkat tinggi untuk berbagai macam instalasi, mulai dari sekat kamar mandi, proyek interior atau eksterior bangunan, furnitur, bahkan hingga kaca mobil.

Bagaimanapun, kaca tempered merupakan jenis safety glass yang bertujuan untuk menawarkan perlindungan pada orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, saat akan membelinya di toko atau pabrik kaca, selalu pastikan bahwa Anda hanya mendapatkan kaca tempered asli yang berkualitas, bukannya produk palsu. Nah, untuk membedakan apakah kaca tersebut asli atau tidak, berikut beberapa ciri fisik kaca tempered yang bisa Anda cek sendiri dengan mudah.

1. Perhatikan Tepiannya

Karena proses pembuatannya, kaca tempered memiliki tepian yang halus dan tidak tajam, bahkan sekalipun memiliki bentuk yang runcing. Berbeda dengan kaca jenis lain yang biasanya cenderung memiliki tepian bergerigi. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus Anda lakukan setiap kali akan memeriksa keaslian kaca tempered adalah memperhatikan bagian tepinya.

2. Periksa Labelnya

Dalam dunia konstruksi, hampir semua material selalu disertai dengan label produksi masing-masing guna membedakan jenis dan spesifikasinya dari yang lain. Nah, begitu juga halnya dengan kaca tempered. Jika membeli kaca dari pabriknya langsung, Anda bisa memeriksa label kaca tempered yang biasanya tertera pada bagian sudut kaca.

3. Cari Lekukan

Umumnya kaca tempered memiliki distorsi pada bagian ujungnya, yaitu sebuah lekukan tipis yang dihasilkan dari proses pemanasan yang intens. Karena dipanaskan dengan suhu ekstrem, akhirnya hal tersebut membuat mesin penjepit kaca seringkali meninggalkan sedikit bekas yang hampir tidak terlihat pada bagian permukaannya. Untuk dapat melihat lekukan ini, tentu Anda harus memiliki mata jeli dan ketelitian tingkat tinggi.

4. Gunakan Lensa Polarized

Salah satu cara lain untuk mengecek keaslian kaca tempered adalah dengan menggunakan lensa polarized. Posisikan kaca di bawah sinar matahari, kemudian lihat dari balik lensa. Kaca tempered yang asli biasanya akan memiliki bintik-bintik gelap atau garis-garis yang membentang di atas permukaannya. Kedua ciri-ciri tersebut merupakan indikator bahwa kaca dibentuk oleh mesin rol selama proses tempering.

5. Lihat Hasil Potongannya

Jika Anda berniat untuk memotong kaca, Anda juga bisa memeriksa keaslian kaca tempered berdasarkan hasil potongannya. Hal ini dikarenakan tanpa tangan profesional, kaca tempered akan sangat sulit untuk dipotong. Bahkan jika Anda berhasil melakukannya, kemungkinan besar hasil potongannya pun akan meninggalkan bentuk bergelombang yang tidak beraturan.

Oleh karena itu, saat memutuskan untuk memotong kaca tempered yang asli, selalu pastikan agar Anda membawa ke ahlinya agar kaca tidak retak atau pecah.

Kaca tempered adalah pelindung sempurna yang cocok untuk mendukung berbagai kebutuhan konstruksi bangunan. Kaca jenis ini memiliki kemampuan untuk menahan beban lima kali lebih banyak dibanding kaca biasa. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk membeli kaca tempered, pastikan Anda membelinya dari pabrik terpercaya yang hanya jual kaca tempered asli yang berkualitas

Spesialis pabrikasi segala macam produk kaca tempered: Curtain Wall, Etalase Kaca, Kaca Shower, Kaca Tempered, Kanopi Gantung, Kanopi Kaca, Partisi Kaca, Pintu Kaca, Pintu Lipat Kaca, Railing Kaca, dlsb dengan kualitas terbaik
KACAINDO Spesialis Pabrikasi Kaca Tempered Berkualitas Terbaik Murah & Bergaransi
Jl. Madura Furi, RT.004/RW.017
Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan
Kota Bekasi
Jawa Barat 17147
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram